Sabtu, 25 April 2015

Cara Membuat Website Gratis



1. Kunjungi website www.idhostinger.com
2. Klik “Buat Akun” 
3. Isi data-data dengan mengisi Form Pendaftaran, dan klik “Buat Akun”

4. Selanjutnya buka email yang digunakan untuk mendaftar tadi, Klik tautan yang dikirimkan idhostinger, tautan ini digunakan untuk melakukan confirmasi aktivasi akun anda.

A. Pembuatan / Registrasi Hosting & Subdomain

1. Langkah Pertama. Kunjungi Official Site Idhostinger.com. Setelah itu  harus login terlebih dahulu menggunakan Email dan Password yang sudah di buat di Idhostinger


2. Langkah Kedua. Sesudah anda masuk kedalam Control Panel Hosting Idhostinger (Cpanel Hosting). Di dalam navigasi menu. Pilih Hosting kemudian pilih Order Hosting Baru.

3. Langkah Ketiga. Di halaman ini anda di sediakan 3 jenis paket hosting ada yang Gratis, Premium maupun Bisnis. Lalu Klik Order.


4. Langkah keempat. Halaman ini merupakan halaman Setup Hosting diamana anda memilih alamat domain agar nantinya aplikasi anda bisa diakses secara online. Kemudian gunakan subdomain yang sudah tersedia atau bawaan dari Idhostinger. Buat juga password untuk aplikasi web. Kemudian kita Pilih Lanjutkan.



5. Langkah kelima. Di Halaman Ringkasan Order ini ketikkan kode Captcha atau kode verifikasi bukan robot, beserta checklist atau centang tulisan persetujuan kemudian klik Order.



6. Langkah Keenam. Di halaman Akun Hosting ini subdomain yang anda buat sudah selesai dibuat. Klik pada nama subdomain yang anda buat tadi lalu klik tombol kelola.



B. Konfigurasi Database

7. Langkah Ketujuh. Anda berada di halaman Cpanel Hosting dari Subdomain yang dibuat tadi. Scroll ke bawah pada menu Database. Klik tombol Database MySQL untuk membuat nama database, nama user, dan password database. Isikan pada kolom yang tersedia lalu klik Buat. Hingga datanya tergenerate seperti gambar di bawah.







8. Langkah Kedelapan. Masuk Kembali ke halaman Cpanel Hosting dari Subdomain dibuat. Scroll ke bawah pada menu Database. Klik PhpMyAdmin untuk mengupload file database sql kita yang sebelumnya sudah kita buat di local. Jika belum ada database anda juga bisa membuatnya melalui menu tersebut. Kali ini akan saya menggunakan cara meng import database. Kemudian tunggu hingga tabel dari database yang kita import masuk ke dalam database servernya cpanel.









Jika proses import database sudah selesai anda bisa kembali lagi ke halaman utama cpanel subdomain anda.
C. Upload File Aplikasi Web Anda.

9. Langkah Sembilan. Kembali lagi di halaman Cpanel Hosting dari Subdomain yang dibuat tadi.


Setelah masuk ke halaman cpanel hosting, scroll ke bawah pada menu File. Kemudian pilih File Manajer 2.


10. Langkah Sepuluh. Kemudian anda klik folder public_html. Dan jika sudah berada di dalam folder public_html silahkan klik upload.





11. Langkah Sebelas. Upload file aplikasi web nya dalam bentuk .zip kemudian klik icon centang warna hijau. Jika proses upload sudah selesai klik icon kembali warna biru.





12. Langkah Duabelas. Jika aplikasi menggunakan database sql, klik edit pada directory file koneksi.php anda, sesuaikanlah dengan nama server database, user dan password yang sudah anda buat di langkah B nomor 7 diatas. Kemudian anda klik icon save.




13. Terakhir jangan lupa untuk menghapus file default.php agar aplikasi web yang anda upload bisa dijalankan. Letaknya ada di dalam folder public_html.

Anda sudah sukses mengupload dan juga  mengkonfigurasi aplikasi web anda di hosting idhostinger. Akses Aplikasi yang anda gunakan menggunakan subdomain yang buat tadi melalui address bar web browser anda. Sebagai contoh saya menggunakan sesimunaria.16mb.com ketika meng upload aplikasi olah data mahasiswa sederhana dan hasilnya kurang lebih sebagai berikut.







1 komentar: