Minggu, 29 Maret 2015

Negosiasi dan Cara Melakukannya buku paket Bahasa Indonesia Kurikulum 2013



Tugas 1 Mengidentifikasi Tujuan Teks Negosiasi
1.)    Pada paragraf ke berapa definisi negosiasi dinyatakan?
Jawaban :
Pada paragraf pertama
2.)    Apa tujuan negosiasi?
Jawaban :
Tujuan negosiasi adalah untuk mengurangi perbedaan posisi setiap pihak.
3.)    Siapa yang diuntungkan dari pelaksanaan negosiasi?
Jawaban :
Yang diuntungkan adalah kedua belah pihak yang bersangkutan dalam negosiasi.
4.)    Siapa yang menentukan waktu,tempat, dan cara negosiasi?
Jawaban :
Pihak-pihak yang terlibat
5.)    Apa yang diprioritaskan dalam negosiasi? Apakah prioritas itu juga merupakan hasil kesepakatan bersama?
Jawaban :
Saran dan pendapat dari kedua belah pihak. Ya tentu saja.
6.)    Setelah memahami pengertian negosiasi,bacalah teks yang berjudul “Negosiasi antara Karyawan dan Pengusaha” berikut ini. Untuk memperkirakan isi teks yang kalian baca,kerjakanlah terlebih dahulu tugas 2 berikut ini!

Tugas 2 Menjawab Pertanyaan Isi Teks Negosiasi
1.)    Menurut kalian,haruskah karyawan selalu menuruti keinginan pengusaha dalam hal jam kerja dan gaji atau UMP (upah minimum provinsi) yang diberikan? Sebaliknya, haruskah pengusaha selalu menuruti keinginan karyawan dalam hal jam dan gaji yang diberikan?
Jawaban :
Sebenarnya sudah ada aturan yang dibuat pemerintah untuk menangani masalah tersebut, contohnya maksimal 8 jam untuk perindustrian dan libur 1 hari dalam 1 minggu. Akan tetapi ditinjau di perusahaan bagaimana ia bekerja,karena setiap bagian beda waktu penetapan kerjanya.
2.)    Berapa juta rupiahkah gaji yang selayaknya diterima oleh seorang karyawan setiap bulan di masyarakat sekitar kalian?
Jawaban :
Gaji diatas UMR. Karena menurut saya orang-orang disekitar saya layak menerimanya. Atas usaha dan kerja kerasnya. Minimal 2 juta perbulan.
3.)    Dapatkah gaji karyawan ditentukan hanya oleh pengusaha atau pemerintah?
Jawaban :
Harus dari dua-duanya, pemerintah menetapkan gaji minimum regional sedangkan pengusaha harus memberikan gaji di atas upah minimum tadi dan seberapa besar tergantung kebijakan dan profit perusahaan,tapi kalau perusahaan belum sanggup memberikan gaji sesuai UMR maka perusahaan wajib melaporkan pada Kementrian tenaga kerja di wilayah dia berada.
4.)    Seandainya kalian menjadi pengusaha, apakah kalian akan mengajak karyawan berdialog untuk menentukan kebijakan perusahaan?
Jawaban :
Ya, saya akan mengajak karyawan berdialog, karena dengan melakukan itu kita bisa mengetahui bagaimana cara kerja yang baik menurut sudut pandang karyawan dan dapat menerima saran-saran yang baik yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan kebijakan perusahaan.
5.)    Hubungan seperti apa yang terjadi antara karyawan dan pengusaha? Setujukah kalian bahwa hubungan tersebut adalah hubungan bawahan dan atasan?
Jawaban :
Hubungan yang terjadi adalah hubungan kerja sama , dimana seorang pengusaha membutuhkan karyawan yang membantu proses pengolahan usahanya dan karyawan membutukan pengusaha untuk menyalurkan jasanya dengan mendapat imbalan yang setimpal.Ini bisa disebut hubungan antara atasan dan bawahan. Jadi saya setuju jika hubungan tersebut adalah hubungan atasan dan bawahan
6.)    Jelaskan tata organisasi yang ada di sebuah perusahaan? Betulkah pimpinan perusahaan disebut direktur?
Jawaban :
Menurut salah satu web yang saya baca tata organisasi yang ada di sebuah perusahaan adalah
komisaris(pemilik saham) -> direktur (pemimpin jalannya perusahaan) -> manager (pembantu direktur) -> asisten manager -> supervisor (sama seperti mandor) -> kepala ruangan -> operator -> karyawan.
Betul , tapi tidak semua perusahaan di pimpin oleh direktur , ada juga yang di sebut presiden perusahaan.

Tugas 3 Menerapkan Ungkapan Khas dalam Teks Negosiasi
1.)    Siapakah yang terlibat dalam negosiasi itu?
Jawaban :
-Wakil Karyawan bernama Suparmin
-Wakil Perusahaan bernama Hadi Winoto
2.)    Mengapa negosiasi itu dilakukan?
Jawaban :
Agar UMP karyawan dinaikkan.
3.)    Apa maksud karyawan yang diwakili oleh Suparmin?
Jawaban :
Ia meminta kenaikan gaji bagi semua karyawan di perusahaan itu kepada wakil perusahaan, gaji yang layak bagi kehidupan di zaman ini.
4.)    Apa perbedaan antara karyawan dan pengusaha?
Jawaban :
Karyawan adalah orang yang bekerja kepada orang lain dan mendapatkan imbalan jasa. Sedangkan pengusaha adalah orang yang mempunyai usaha dan memperkerjakan orang dan memberi mereka upah atau imbalan jasa.
5.)    Apakah negosiasi antara karyawan dan pengusaha tersebut berhasil?
Jawaban :
Kesepakatan antara karyawan dan pengusaha tersebut berhasil karena mereka telah menemukan harga kesepakatan gaji yang akan diajukan oleh wakil perusahaan kepada direksi.
6.)    Kesepakatan apa yang dicapai dalam negosiasi itu?
Jawaban :
Kesepakatan nilai gaji yang akan dinaikkan dari 2 juta menjadi 2 juta enam ratus ribu adalah nilai kesepakatan yang akan diusulkan wakil perusahaan kepada direksi.
7.)    Apakah kesepakatan itu dicapai dengan mudah atau sebaliknya? Tunjukan buktinya!
Jawaban :
Dengan tidak mudah karna sempat ada perdebatan.
8.)    Dalam negosiasi terdapat dua pihak. Setiap pihak mungkin bertindak atas nama diri sendiri secara individual, atas nama orang lain secara individual, atas nama sekelompok orang, atau atas nama lembaga. Pada dialog negosiasi antara karyawan dan pengusaha di atas, kedua belah pihak bertindak atas nama siapa?
Jawaban :
Nama sekelompok orang.
9.)    Pada negosiasi itu, wakil perusahan lebih dominan. Tunjukan buktinya selain dari porsi turunan yang diproduksi juga dari penggunaan bahasanya.
Jawaban :
Wakil perusahaan pada teks negosiasi itu memang lebih dominan baik dari tuturan yang ia produksi maupun dari penggunaan bahasanya. Selain itu alasan yang ia berikan pun selalu lebih logis begitu pula keputusan yang ia ajukan selalu dengan pertimbangan dari berbagai alasannya.
10.) Apakah kesepakatan antara pengusaha dan karyawan sudah bisa langsung diterapkan?
(a)    Negosiasi  menghasilkan kesepakatan.
(b)   Negosiasi menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan.
(c)    Negosiasi merupakan sarana untuk mencari penyelesaian.
(d)   Negosiasi mengarah kepada tujuan praktis.
(e)   Negosiasi memprioritaskan kepentingan bersama.
Sekarang buatlah kalimat dengan menggunakan kata atau kata-kata yang dicetak miring itu. Apabila diperlukan, kalian dapat mengecek arti kata atau kata-kata itu dari kamus terlebih dahulu.
Jawaban :
Bisa.
(a)    Kesepakatan tercapai apabila antara satu pihak dengan pihak yang lain setuju pada suatu usulan atau pendapat.
(b)   Diskusi dilakukan untuk mencari penyelesaian terhadap suatu atau beberapa masalah
(c)    Dalam bernegosiasi antar satu pihak dengan pihak yang lain harus saling menguntungkan
(d)   Segala masalah pasti ada jalan penyelesaiannya.
(e)   Negoisasi memprioritaskan kepentingan bersama karena negosiasi harus dari kesepakatan kedua belah pihak jika pihak pertama tidak setuju maka mereka harus mencari jalan yang lain.

4 komentar: